Jumat, 11 Oktober 2013

#PTI Netiquette



6. Netiquette
            Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
            Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan computer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
           
            Netiquette adalah istilah yang menggambarkan etiket di Internet. Netiquette adalah kombinasi dari “jaringan” dan “etiket.” Netiquette mencakup etiket dari semua jenis komunikasi internet seperti email, papan pesan, forum dan pesan instan. Mengikuti aturan komunikasi online bisa sama pentingnya sebagai berikut etiket ketika berbicara dengan orang tatap muka.
Fungsi:
            Netiquette berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket.
Manfaat:
Netiquette dapat bermanfaat dalam hal itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi perlu yang dapat membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah orang dari posting konten yang tidak patut atau jelek di Internet. Misalnya, teks ditulis dalam huruf kapital bisa sulit untuk membaca dan mengetik dalam huruf kapital sering dianggap “berteriak” dalam komunikasi online dan disukai di komunitas internet banyak.

A. Flaming
          Flaming adalah tindakan posting atau mengirim pesan yang tidak sopan melalui Internet. Pesan-pesan, yang disebut “flaming,” dapat diposting dalam forum diskusi online atau newsgroup, atau dikirim via e-mail atau instant messaging program. Daerah yang paling umum di mana flaming terjadi adalah forum diskusi online, yang juga disebut buletin board.
            Flaming sering mengarah pada perdagangan penghinaan antara anggota dalam forum tertentu. Ini adalah hasil disayangkan, seperti yang sering melempar diskusi tentang topik yang sah baik keluar jalur. Misalnya, topik forum diskusi dapat “Memilih Mac atau PC.” Beberapa pengguna Mac dapat memposting pesan sombong tentang manfaat dari Mac, yang pada gilirannya mendorong respon dari pengguna PC menjelaskan mengapa Mac menghisap dan mengapa Windows adalah jelas platform yang lebih baik. Pengguna Mac kemudian dapat mengirim balasan mengatakan bahwa pengguna Mac, pada kenyataannya, suatu spesies yang lebih cerdas yang tidak naif sebagai pengguna PC. Ini mengobarkan serangan lebih pribadi dari pengguna PC, yang menghasut perang.
            Perang api ini, juga disebut “pie fights,” tidak terbatas hanya dua orang pada satu waktu, tetapi mungkin melibatkan beberapa pengguna. Hal ini menyebabkan membengkak negatif dalam kelompok diskusi online dan menghasilkan sedikit, jika ada, produktif. Flaming adalah sayangnya salah satu pelanggaran yang paling umum netiket online. Alih-alih menjadi perhatian dari sudut pandang orang lain, “flamers” memaksa agenda mereka sendiri pada pengguna lain.
            Sementara beberapa flaming disengaja, beberapa tidak. Hal ini karena pengguna mungkin salah paham maksud dari pesan pengguna lain atau posting forum. Sebagai contoh, seseorang mungkin membuat komentar sinis yang tidak dipahami sebagai sarkastis oleh pengguna lain, yang mungkin tersinggung dengan pesan. Menggunakan emoticon dan jelas menjelaskan niat seseorang dapat membantu menghindari kesalahpahaman online. Karena efek samping yang terbakar, yang terbaik adalah untuk berbuat salah di sisi kerendahan hati dan sopan ketika posting atau mengirim pesan secara online.

B. Trolling
            Troll adalah seseorang yang posting inflamasi, asing, atau pesan di luar topik dalam komunitas online, seperti forum diskusi online, chat room, atau blog, dengan tujuan utama memprovokasi pengguna lain ke dalam tanggapan emosional yang diinginkan atau dinyatakan mengganggu normal pada topik diskusi. Selain poster menyinggung, kata benda "troll" juga dapat merujuk ke pesan yang provokatif itu sendiri, seperti dalam yang adalah troll baik Anda diposting. Sementara istilah troll dan tindakan yang berkaitan, trolling, terutama terkait dengan wacana internet, perhatian media dalam beberapa tahun terakhir telah membuat label tersebut sangat subjektif, dengan 'trolling' digunakan untuk menjelaskan tindakan sengaja provokatif banyak di luar konteks online.


Troll adalah istilah internet yang artinya seorang individual yang senang dalam menciptakan konflik dalam sebuah komunitas online. Mereka mengirimkan pesan-pesan yang bersifat intimidatif, baik secara eksplisit maupun implisit, kepada satu atau lebih anggota lain dalam sebuah komunitas tersebut.
Pada dasarnya troll adalah orang yang haus perhatian a.k.a attention whore dan mereka tidak peduli apakah perhatian yang mereka dapat positif atau negatif. Bagi para troll, orang lain bukanlah orang; orang lain hanyalah karakter abstrak yang sedang duduk di depan monitor. Troll tidak pernah merasa bersalah jika mengintimidasi orang lain di dunia maya.
Cara Menghadapi Troll
Perlu diingat bahwa seorang troll merasa dihargai jika kita meladeni mereka. Mereka ingin sekali melihat reaksi anda. Troll tingkat tinggi bahkan bisa sampai mengintimidasi sampai ke jalur pribadi seperti email, telepon seluler, alamat surat-menyurat, alamat dan nomer telepon kantor, atau jalur pribadi lainnya. Ketika anda melawan, troll menang. Ketika anda berdebat, troll senang. Kapan saja anda merespon troll mendapatkan apa yang mereka inginkan. Troll bukanlah orang yang bodoh. Mereka sangat pintar dalam memutarbalikkan keadaan. Ketika anda merespon maka dengan segera troll akan menuding anda sebagai troll. Jenius bukan?
Cara terbaik dalam menghadapi troll adalah dengan mengacuhkannya. Ketika anda mengacuhkan mereka maka mereka tidak akan puas dan selalu penasaran.
Jika anda memutuskan untuk meninggalkan sebuah komunitas akibat suasana yang negatif, jangan mengirimkan pesan perpisahan yang dramatis. Hal ini hanya meyakinkan kemenangan seorang troll.
Bagaimana Jika Kita Dituding Sebagai Troll
Dicap sebagai troll sangatlah tidak menyenangkan. Kemungkinan besar ini bisa terjadi walaupun niat anda sebenarnya baik. Bagaimana anda menyikapi keadaan menujukkan siapa anda sesungguhnya. Tujuan anda sebaiknya adalah menenangkan keadaan, bukan malah memperkeruh.
Mulailah dengan menjauh dari situasi yang berkonflik. Anda tidak mau menuang bensin ke dalam api kan? Beri waktu pada semua pihak untuk menenangkan diri dan melihat situasi dari perspektif yang berbeda. Selanjutnya anda harus berasumsi bahwa pihak lain memiliki niat yang baik. Mungkin mereka pernah menyakiti anda, tapi mungkin anda dapat menemukan solusi dengan bekerja sama dalam tingkah laku yang positif. Introspeksi diri anda siapa tau penyebabnya hanyalah sesuatu yang bisa diubah. Jika anda dicap troll karena flooding, ubahlah cara posting anda dengan membuat rangkuman pada satu post. Jika komentar anda dianggap kasar, mungkin anda bisa menulis opini anda dengan kata-kata yang lebih sopan.

C. Junking
Junk  adalah sebuah berita yang tidak memiliki hubungan sama sekali dengan eRepublik atau berita yang mengcopy paste sama persis dari berita yang dimuat sebelumnya oleh orang lain. Junk juga dapat di definisikan sebagai sebuah artikel yang berisi sedikit informasi bahkan tidak ada informasi apapun yang berguna. Kebanyakan para citizen eRepublik bersikap ANTI-JUNK karena junk sendiri menghalangi para citizen untuk membaca berita-berita penting (bisa tentang lomba/bagi-bagi hadiah/panduan newbie/hal-hal yang berguna bagi citizen tersebut).

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar