6.
Netiquette
Netiquette
merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan
komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai
pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik
dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal
yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita
memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa
aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
Amankan
dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai
dari mengamankan computer anda, dengan memasang anti virus atau personal
firewall. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan
mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa
alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
dan
yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya
sederhana yaitu,:
a.
jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b.
jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet,
misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c.
jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi
yang sebenarnya terbatas.
d.
jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan
teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e.
jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan)
ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
Netiquette adalah istilah yang
menggambarkan etiket di Internet. Netiquette adalah kombinasi dari “jaringan”
dan “etiket.” Netiquette mencakup etiket dari semua jenis komunikasi internet
seperti email, papan pesan, forum dan pesan instan. Mengikuti aturan komunikasi
online bisa sama pentingnya sebagai berikut etiket ketika berbicara dengan
orang tatap muka.
Fungsi:
Netiquette berfungsi sebagai
seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna
dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin
tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang
yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain
kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum
tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di
Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka
sendiri dan standar netiket.
Manfaat:
Netiquette
dapat bermanfaat dalam hal itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi
perlu yang dapat membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah
orang dari posting konten yang tidak patut atau jelek di Internet. Misalnya,
teks ditulis dalam huruf kapital bisa sulit untuk membaca dan mengetik dalam
huruf kapital sering dianggap “berteriak” dalam komunikasi online dan disukai
di komunitas internet banyak.
A. Flaming
Flaming
adalah tindakan posting atau mengirim pesan yang
tidak sopan melalui Internet. Pesan-pesan, yang disebut “flaming,” dapat
diposting dalam forum diskusi online atau newsgroup, atau dikirim via e-mail
atau instant messaging program. Daerah yang paling umum di mana flaming terjadi
adalah forum diskusi online, yang juga disebut buletin board.
Flaming sering mengarah pada
perdagangan penghinaan antara anggota dalam forum tertentu. Ini adalah hasil
disayangkan, seperti yang sering melempar diskusi tentang topik yang sah baik
keluar jalur. Misalnya, topik forum diskusi dapat “Memilih Mac atau PC.”
Beberapa pengguna Mac dapat memposting pesan sombong tentang manfaat dari Mac,
yang pada gilirannya mendorong respon dari pengguna PC menjelaskan mengapa Mac
menghisap dan mengapa Windows adalah jelas platform yang lebih baik. Pengguna
Mac kemudian dapat mengirim balasan mengatakan bahwa pengguna Mac, pada
kenyataannya, suatu spesies yang lebih cerdas yang tidak naif sebagai pengguna PC.
Ini mengobarkan serangan lebih pribadi dari pengguna PC, yang menghasut perang.
Perang api ini, juga disebut “pie
fights,” tidak terbatas hanya dua orang pada satu waktu, tetapi mungkin
melibatkan beberapa pengguna. Hal ini menyebabkan membengkak negatif dalam
kelompok diskusi online dan menghasilkan sedikit, jika ada, produktif. Flaming
adalah sayangnya salah satu pelanggaran yang paling umum netiket online.
Alih-alih menjadi perhatian dari sudut pandang orang lain, “flamers” memaksa
agenda mereka sendiri pada pengguna lain.
Sementara beberapa flaming
disengaja, beberapa tidak. Hal ini karena pengguna mungkin salah paham maksud
dari pesan pengguna lain atau posting forum. Sebagai contoh, seseorang mungkin
membuat komentar sinis yang tidak dipahami sebagai sarkastis oleh pengguna
lain, yang mungkin tersinggung dengan pesan. Menggunakan emoticon dan jelas
menjelaskan niat seseorang dapat membantu menghindari kesalahpahaman online.
Karena efek samping yang terbakar, yang terbaik adalah untuk berbuat salah di
sisi kerendahan hati dan sopan ketika posting atau mengirim pesan secara
online.
B. Trolling
Troll adalah seseorang yang posting
inflamasi, asing, atau pesan di luar topik dalam komunitas online, seperti
forum diskusi online, chat room, atau blog, dengan tujuan utama memprovokasi
pengguna lain ke dalam tanggapan emosional yang diinginkan atau dinyatakan
mengganggu normal pada topik diskusi. Selain poster menyinggung, kata benda
"troll" juga dapat merujuk ke pesan yang provokatif itu sendiri,
seperti dalam yang adalah troll baik Anda diposting. Sementara istilah troll
dan tindakan yang berkaitan, trolling, terutama terkait dengan wacana internet,
perhatian media dalam beberapa tahun terakhir telah membuat label tersebut
sangat subjektif, dengan 'trolling' digunakan untuk menjelaskan tindakan
sengaja provokatif banyak di luar konteks online.
Troll
adalah istilah internet yang artinya seorang individual yang senang dalam
menciptakan konflik dalam sebuah komunitas online. Mereka mengirimkan
pesan-pesan yang bersifat intimidatif, baik secara eksplisit maupun implisit,
kepada satu atau lebih anggota lain dalam sebuah komunitas tersebut.
Pada
dasarnya troll adalah orang yang haus perhatian a.k.a attention whore dan
mereka tidak peduli apakah perhatian yang mereka dapat positif atau negatif.
Bagi para troll, orang lain bukanlah orang; orang lain hanyalah karakter
abstrak yang sedang duduk di depan monitor. Troll tidak pernah merasa bersalah
jika mengintimidasi orang lain di dunia maya.
Cara Menghadapi Troll
Perlu
diingat bahwa seorang troll merasa dihargai jika kita meladeni mereka. Mereka
ingin sekali melihat reaksi anda. Troll tingkat tinggi bahkan bisa sampai
mengintimidasi sampai ke jalur pribadi seperti email, telepon seluler, alamat
surat-menyurat, alamat dan nomer telepon kantor, atau jalur pribadi lainnya.
Ketika anda melawan, troll menang. Ketika anda berdebat, troll senang. Kapan
saja anda merespon troll mendapatkan apa yang mereka inginkan. Troll bukanlah
orang yang bodoh. Mereka sangat pintar dalam memutarbalikkan keadaan. Ketika
anda merespon maka dengan segera troll akan menuding anda sebagai troll. Jenius
bukan?
Cara
terbaik dalam menghadapi troll adalah dengan mengacuhkannya. Ketika anda
mengacuhkan mereka maka mereka tidak akan puas dan selalu penasaran.
Jika
anda memutuskan untuk meninggalkan sebuah komunitas akibat suasana yang
negatif, jangan mengirimkan pesan perpisahan yang dramatis. Hal ini hanya
meyakinkan kemenangan seorang troll.
Bagaimana Jika Kita Dituding Sebagai Troll
Dicap
sebagai troll sangatlah tidak menyenangkan. Kemungkinan besar ini bisa terjadi
walaupun niat anda sebenarnya baik. Bagaimana anda menyikapi keadaan menujukkan
siapa anda sesungguhnya. Tujuan anda sebaiknya adalah menenangkan keadaan,
bukan malah memperkeruh.
Mulailah
dengan menjauh dari situasi yang berkonflik. Anda tidak mau menuang bensin ke
dalam api kan? Beri waktu pada semua pihak untuk menenangkan diri dan melihat
situasi dari perspektif yang berbeda. Selanjutnya anda harus berasumsi bahwa
pihak lain memiliki niat yang baik. Mungkin mereka pernah menyakiti anda, tapi
mungkin anda dapat menemukan solusi dengan bekerja sama dalam tingkah laku yang
positif. Introspeksi diri anda siapa tau penyebabnya hanyalah sesuatu yang bisa
diubah. Jika anda dicap troll karena flooding, ubahlah cara posting anda dengan
membuat rangkuman pada satu post. Jika komentar anda dianggap kasar, mungkin
anda bisa menulis opini anda dengan kata-kata yang lebih sopan.
C. Junking
Junk
adalah sebuah berita yang tidak memiliki
hubungan sama sekali dengan
eRepublik atau berita yang mengcopy
paste sama persis dari berita yang dimuat sebelumnya oleh orang lain. Junk juga dapat di
definisikan sebagai sebuah artikel yang berisi sedikit informasi bahkan tidak
ada informasi apapun yang berguna. Kebanyakan para citizen eRepublik bersikap ANTI-JUNK karena junk sendiri
menghalangi para citizen untuk membaca berita-berita penting (bisa tentang
lomba/bagi-bagi hadiah/panduan newbie/hal-hal yang berguna bagi citizen
tersebut).
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar