Nama : Dyah Wulandari
Kelas : 4PA07
Npm : 12512337
Mata
Kuliah : Sistem Informasi Psikologi
Evolusi CBIS (Computer Based Information)
www.google.com
a.
Berfokus pada Data (EDP)
Pengolahan Data Terpadu (EDP) adalah alat untuk
pengolah bantu bagi unit-unit informasi yang memerlukan pengolahan data yang
banyak, rumit, dan bentuk hasil informasi yang beragam. Pelayanan terpadu
adalah pelayan informasi untuk keperluan
masyarakat umum. Dikatakan terpadu karena pelayanan tersebut merupakan paduan
kerja sama semua unti dalam organisasi yang kegiatannya berkaitan dengan pelayanan
umum (Amsyah, 2005).
b.
Berfokus pada Informasi (SIM)
Menurut Kertahadi (dalam Fatta, 2007), Sistem
Infromasi Manajemen (SIM) dapat didefinisikan sebagai suatu alat untuk
menyajikan informasi dengan cara sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi
penerima. Menurut Murdick dan Ross (dalam Fatta, 2007) tujuannya adalah untuk menyajikan
informasi guna pengambilan kepurtusan pada perencanaan, pemrakarsaan,
pengorganisasian, pengendalian kegiatan operasi subsistem suatu perusahaan, dan
menyajiakn sinergi organisasi pada proses.
Menurut Fatta (2007), pada level manajemen berfungsi
mebantu perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dengan menyelidiki
resume rutin dan laporan-laporan tertentu. SIM mengambil data mentah dari TPS
dan mengubahnya menjadi kumpulan data yang lebih berarti yang dibutuhkan
manager untuk menjalankan tanggung jawabnya. Untuk mengembangkan suatu SIM,
diperlukan pemahaman yang baik tentang informasi apa saja yang dibutuhkan manajer dan bagaimana mereka menggunakan
informasi tersebut.
c.
Berfokus pada Komunikasi (Otomatisasi Kantor)
Berfokus pada komunikasi memudahkan komunikasi dan
meningkatkan produktivitas para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan
alat elektronik. Berbagai aplikasi computer untuk otomatis kantor telah
berkembang, yang terdiri dari konversi jarak jauh , voice male, electronic mail, electronic calendaring, facsimile
transmission, dan desktop publising
d.
Berfokus pada Konsultasi (Expert System)
Expert System (ES) merupakan representasi pengetahuan yang
menggambarkan cara seorang ahli dalam mendekati suatu masalah. ES lebih
berpusat pada bagaimana mengodekan dan memanipulasi pengetahuan dari informasi
(misalnya aturan if…then). Adapun cara kerja ES sebagai berikut:
- Pengguna berkomunikasi dengan system menggunakan dialog interaktif.
- ES menanyakan pertanyaan (yang akan ditanyakan seorang pakar) dan pengguna memberikan jawaban.
- Jawaban digunakan untuk menentukan aturan mana yang dipakai dan ES system menyediakan rekomendasi berdasarkan aturan yang telah disimpan.
- Seorang Knowledge engineer bertanggung jawab pada bagaimana melakukan akuisi pengetahuan, sama seperti seorang analis tetapi dilatih untuk menggunakan teknin yang berbeda.
Referensi:
Amsyah, Z. (2005). Manajemen system informasi. Jakarta: Gramedia.
Fattah,
A. H. (2007). Analisis perencanaan system
informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern.
Jogjakarta: Andi.
Sutanta,
E. (2005). Mendayagunakan informasi sebagai sumber dara untuk mencapai
keunggulan kompetitif organisasi. Jurnal
ilmiah manajerial. Hal:3-4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar