Senin, 09 November 2015

#SIP - Evolusi CBIS (Computer Based Information)

Nama               : Dyah Wulandari
Kelas               : 4PA07
Npm                : 12512337
Mata Kuliah    : Sistem Informasi Psikologi


Evolusi CBIS (Computer Based Information)

www.google.com

a.      Berfokus pada Data (EDP)
Pengolahan Data Terpadu (EDP) adalah alat untuk pengolah bantu bagi unit-unit informasi yang memerlukan pengolahan data yang banyak, rumit, dan bentuk hasil informasi yang beragam. Pelayanan terpadu adalah  pelayan informasi untuk keperluan masyarakat umum. Dikatakan terpadu karena pelayanan tersebut merupakan paduan kerja sama semua unti dalam organisasi yang kegiatannya berkaitan dengan pelayanan umum  (Amsyah, 2005).
b.      Berfokus pada Informasi (SIM)
Menurut Kertahadi (dalam Fatta, 2007), Sistem Infromasi Manajemen (SIM) dapat didefinisikan sebagai suatu alat untuk menyajikan informasi dengan cara sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerima. Menurut Murdick dan Ross (dalam Fatta, 2007) tujuannya adalah untuk menyajikan informasi guna pengambilan kepurtusan pada perencanaan, pemrakarsaan, pengorganisasian, pengendalian kegiatan operasi subsistem suatu perusahaan, dan menyajiakn sinergi organisasi pada proses.
Menurut Fatta (2007), pada level manajemen berfungsi mebantu perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dengan menyelidiki resume rutin dan laporan-laporan tertentu. SIM mengambil data mentah dari TPS dan mengubahnya menjadi kumpulan data yang lebih berarti yang dibutuhkan manager untuk menjalankan tanggung jawabnya. Untuk mengembangkan suatu SIM, diperlukan pemahaman yang baik tentang informasi apa saja yang dibutuhkan  manajer dan bagaimana mereka menggunakan informasi tersebut.
c.       Berfokus pada Komunikasi (Otomatisasi Kantor)
Berfokus pada komunikasi memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat elektronik. Berbagai aplikasi computer untuk otomatis kantor telah berkembang, yang terdiri dari konversi jarak jauh , voice male, electronic mail, electronic calendaring, facsimile transmission, dan desktop publising
d.      Berfokus pada Konsultasi (Expert System)
Expert System (ES) merupakan representasi pengetahuan yang menggambarkan cara seorang ahli dalam mendekati suatu masalah. ES lebih berpusat pada bagaimana mengodekan dan memanipulasi pengetahuan dari informasi (misalnya aturan if…then). Adapun cara kerja ES sebagai berikut:
  1. Pengguna berkomunikasi dengan system menggunakan dialog interaktif.
  2. ES menanyakan pertanyaan (yang akan ditanyakan seorang pakar) dan pengguna memberikan  jawaban.
  3. Jawaban digunakan untuk menentukan aturan  mana yang dipakai dan ES system menyediakan rekomendasi berdasarkan aturan yang telah disimpan.
  4. Seorang Knowledge engineer bertanggung  jawab pada bagaimana melakukan akuisi pengetahuan, sama seperti seorang analis tetapi dilatih untuk menggunakan teknin yang berbeda.

           Referensi:        
                 
                  Amsyah, Z. (2005). Manajemen system informasi. Jakarta: Gramedia.

Fattah, A. H. (2007). Analisis perencanaan system informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Jogjakarta: Andi.

Sutanta, E. (2005). Mendayagunakan informasi sebagai sumber dara untuk mencapai keunggulan kompetitif organisasi. Jurnal ilmiah manajerial. Hal:3-4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar